Listrik Nirkabel Tidak Melukai Manusia

Penghantaran arus listrik secara nirkabel telah terbukti aman, bahkan sejak Nikola Tesla melakukan eksperimen pertama teknologi itu tersebut.

Pada tahun 1899, Tesla membangun kumparan listrik setinggi 43 meter dan berkekuatan 12 juta volt di Colorado Springs. Perangkat tersebut digunakannya untuk menghantarkan listrik secara nirkabel sejauh 40 kilometer. Hasilnya, listrik yang dipancarkan dengan cara itu mampu menyalakan 200 lampu. Meski ada kilatan listrik yang meloncat dari kumparan saat saklar dimatikan, namun tak ada seorangpun yang terluka.

Eksperimen Tesla itu membuktikan bahwa Bumi pun bisa menjadi penghantar listrik sehingga kabel tidak diperlukan.

Pada tahun 2006, Marin Soljacic, profesor fisika di Massachusetts Institute of Technology (MIT) kembali melakukan eksperimen serupa. Hanya saja, eksperimen Soljaic memanfaatkan induksi elektromagnetik sebagai “perangkat” penghantar listrik yang sedikit dimodifikasi. Ia menyesuaikan kumparan pengirim dan penerima arus listrik untuk beresonansi pada frekuensi tertentu sehingga hanya bisa bekerja pada frekuensi tersebut. Hasilnya, arus listrik menjadi lebih terfokus dan tidak mengganggu apapun, termasuk manusia. Eksperimennya itu juga berhasil melintasi sebuah ruangan untuk menyalakan sebuah bola lampu 60 watt.

Metode resonansi berpasangan yang dikembangkan Soljacic ternyata terbukti jauh lebih efisien dan lebih aman dibandingkan metode Tesla. Soljacic sendiri saat ini memiliki perusahaan bernama WiTricity dan telah berhasil mengirimkan tiga ribu watt listrik melintasi ruangan.

sumber: nationalgeographic.co.id

About indopoints

indonesia cerdas indonesia berwawasan

Posted on Oktober 26, 2011, in Teknologi. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Gan..itu widgetnya jangan ngelink ke link “brothersoft” ntar bisa disuspend gan….🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: