Ayam Tanpa Bulu Telah Berhasil Dikembangkan oleh Para Ilmuwan

Seorang ahli genetika Israel, Avigdor Cahaner, menghasilkan genetik ayam tak berbulu pertama di dunia di fakultas genetika Rehovot Agronomy Institute dekat Tel Aviv, Israel.

Ayam dengan kulit telanjang diciptakan dengan perkawinan silang antara Ayam Broiler dengan spesies ayam yang memiliki leher tak berbulu.


Ide di belakang pengembangan ayam telanjang ini bertujuan menghasilkan spesies ayam yang lebih efisien, yaitu ayam yang bisa bertahan hidup di negara-negara beriklim panas, dengan kata lain ayam tak lagi butuh pendingin ruangan yang akan menghemat biaya pemeliharaan ayam potong.

Dan tentu saja, ayam ini tidak membutuhkan pencabutan bulu sebelum diolah, sehingga memangkas ongkos produksi di pabrik pengolahan.

Namun banyak yang menentang inovasi genetika ayam tak berbulu ini dan mengatakan bahwa perubahan tidak mendapat manfaat hewan, dan pada kenyataannya kemungkinan untuk membuat hidup ayam-ayam bugil ini lebih buruk.

Ayam jantan tidak mampu untuk kawin karena mereka tidak bisa mengepakkan sayapnya untuk keseimbangan, dan ini juga berefek pada ayam betina.

Karena ayam-ayam ini tak berbulu, ayam lebih rentan terhadap parasit, penyakit kulit, serangan nyamuk, variasi suhu dan sengatan matahari.

Profesor Avigdor Cahaner, membela ayam generasi bugil ini dengan mengatakan,

“Ini bukan ayam rekayasa genetika, itu berasal dari keturunan alam yang karakteristiknya telah dikenal selama 50 tahun, saya hanya membantunya untuk cepat tumbuh. Ayam broiler ini ayam normal, kecuali untuk fakta ia tidak memiliki bulu.”

Para ilmuwan juga berharap generasi baru akan tumbuh lebih cepat karena tidak perlu menggunakan energi untuk menuumbuhkan bulu di tubuhnya, sehingga ayam akan memfokuskan makanan yang diserapnya untuk dijadikan daging sehingga ayam bisa lebih gemuk.

Berita tentang ayam berbulu pertama kali munculpada tahun 2002, dan sejak itu tidak ada lagi hal baru yang didengar. Kurangnya pembaruan di media tentang ayam khusus menunjukkan bahwa penciptaan Mr Cahaner itu tidak pernah berkembang biak secara komersial.

Inovasi genetika ayam tanpa bulu ini sebenarnya telah dilakukan sejak 2002, dan mininya berita perkembangan baru tentang ayam tanpa bulu ini menunjukkan genetika ayam bugil ini tidak bisa dikembangkan untuk pasar komersial.

sumber: apakabardunia.com

About indopoints

indonesia cerdas indonesia berwawasan

Posted on Oktober 14, 2011, in Discovery. Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. TRIYO INDIKA PUTRA (E1C010041)

    We.., Artikel ini sangat Bagus dan mebrikan suatu motifasi Baru, Baru pertama kali saya melihat ayam tanpa bulu., tapi ayam yang tanpa bulu itu baik hidup yang beriklim panas,, tapi pak jangan ayam yang tanpa bulu itu hidup yang beriklim dingin,,takut eah kedinginan.., kan kasian

  2. DEWI PUSPITASARI ( E1C011090)

    fantastis, sebenar nya kabar tentang ayam tanpa bulu pernah saya dengar tapi untuk melihat nya baru kali ini, sebuah terobosan yang luar biasa menurut saya tapi dari artikel saya membaca bahwa ayam tanpa bulu tidak bisa dikembangkan untuk kepentingan komersial, jadi bagaimana pak cara mengembang biakan ayam tanpa bulu ini ?

  3. Eko Handiko Saragih(E1C011082)

    artikel ini sungguh bermanfaat,,karna masih bnyk masyarkat yang belum mengetahui tentang ayam yang tidak berbulu,,tapi gmn ea ayam yang tak berbulu bisa menyesuaikan panas dalam tubuhnya jika tidak mempunyai bulu untuk menutupi tubuhnya?

  4. Brilian putra pamungkas

    (E1C011087)
    secara ekonomis, memang sangat menguntungkan memelihara ayam tipe ini..tapi dengan kelemahan nya yang rentan terhadap serangan parasit dan bakteri membuat pemeliharaan ayam jenis ini sangat berisiko jika tidak di tangani dengan baik,,terimakasih pak infonya. berguna sekali

  5. ternyata ayam tanpa bulu rentan trhadap bakteri dan parasit,jika tdak diperlakukan dengan baik,bisa buat bangkrut tu pak ayam tanpa bulu……………….

  6. Baru pertama kali saya melihat ayam tanpa bulu., tapi ayam yang tanpa bulu itu baik hidup yang beriklim panas……….

  7. SEPTIA HERLINA ,E1C011001

    Wah Keren sekali ayamnya,,
    artikelnya juga sangat menarikk,
    ternyata beneran ada,, tapi sayangnya ayam tanpa bulu ini khususnya ayam jantan mampu untuk kawin karena tergantung pada sayapnya yang tidak bisa mengepakkannya secara seimbang,,,begitu juga yang betina.
    tapi ada kelemahannya juga,,
    terima kasih pak atas informasinya…
    Sangat Menarik.

  8. lisnawati anggraini

    apakah nilai gizi ayam tanpa bulu ini sama dengan nutrisi pada ayam yang mempunyai bulu pak???
    tks

  9. hahaha ternyata ayam bisa seksi juga ya……
    heeemmmm oya pak ada pengaruhnya tidak dengan struktur kulit atau dagingnya pak atau terhadap penyakit karena biasanya sinar matahari tidak langsung mengenai kulit melainkan mengenai bulu terlebih dahulu sedangkan ayam yang satu ini tidak punya bulu.???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: