Galaxy Tab 8.9, Pas di ‘Pelukan’ Kaum Hawa

Jakarta – Samsung baru saja melahirkan saudara muda Galaxy Tab 10.1 dengan ukuran yang lebih kecil, 8.9. Dengan ukuran tersebut, tablet PC ini pun lebih nyaman digunakan, terutama untuk kaum hawa.

Untuk urusan ukuran tablet, Samsung memang boleh dikatakan yang paling lengkap. Ada Galaxy Tab 7 inch, 10 inch dan yang terbaru 8,9 inch. Semua itu semata-mata agar penggunanya lebih leluasa memilih.

Setelah cukup puas dengan performa Samsung Galaxy Tab 10.1, kini saatnya detikINET mencicipi seperti apa rasanya menggunakan Galaxy Tab versi 8,9.

 
Tetap Canggih di Ukuran yang Lebih Kecil

Samsung Galaxy Tab 8,9 memang memiliki spesifikasi yang sama persis dengan sang kakak yang berukuran lebih besar, 10.1. Otomatis, performa keduanya pun tak terpaut jauh.

Untuk menjelajah situs mengandung flash, nonton video HD, semua bisa diladeni dengan mudah. Namun yang sedikit membedakan adalah, tablet PC ini lebih responsif dibanding sang kakak, walau tak bisa dipungkiri masih lebih responsif iPad 2.

Bicara mengenai tingkat responsif layar, Samsung Galaxy Tab 8,9 memang masih menunjukan gejala lag persis seperti pendahulunya. Tapi anehnya hal tersebut tidak dijumpai di dalam aplikasi, misalnya YouTube.

Aplikasi YouTube untuk Honeycomb yang menampilkan seabrek thumbnail video dalam satu layar itu sama sekali tak menurunkan kinerja tablet ini. Ya mungkin saja leg tersebut disebabkan oleh TouchWiz yang belum sempurna.

Untuk dapur pacu performanya mungkin sudah tidak diragukan lagi. Samsung Galaxy Tab 8,9 prosesor dual core 1 GHz, ARM Cortex A9. Sedangkan GPU diperkuat oleh Tegra 2, dan RAM sebesar 1 GB. Benar-benar spesifikasi kelas atas.

Sebagai acuan performanya, detikINET coba menjajal performa tablet ini menggunakan aplikasi Quadrant yang menorehkan skor 2385, dan AnTuTu Benchmark yang meraih angka 4776. Cukup kencang bukan?

Kualitas Kamera Pas-pasan

Selain jeroan kelas atas, di dalam Samsung Galaxy Tab 8,9 juga ditanamkan kamera 3, MP dan 2 MP di bagian depan. Kualitas jepretannya memang standar, tidak ada yang istimewa. Namun hal ini dimaklumi mengingat tablet bukan digunakan untuk mengabadikan gambar.

Meski demikian modus pengambilan gambar masih bisa dioptimalkan dengan aplikasi kamera yang ada. Misalnya dengan menggunakan beberapa teknik filtering yang ada, setelah itu foto bisa diedit dengan aplikasi yang juga sudah tersedia.

Baterai Tahan Lama

Lantas bagaimana dengan daya tahan baterainya? detikINET yang menggunakan produk ini dalam keadaan selalu terhubung dalam jaringan 3G sembari melakukan browsing, sedikit bermain game, olah foto, dan menyaksikan video melalui YouTube.

Dengan penggunaan seperti itu Samsung Galaxy Tab 8.9 ternyata mampu bertahan kurang lebih selama 30 jam. Salah satu bukti bahwa daya tampung baterainya yang mencapai 6000 mAH sudah cukup memadai.

Ringan, Tipis, dan Nyaman di Genggam

Ketiga kata di atas memang sudah cukup menggambarkan bagaimana nyamannya menggunakan Samsung Galaxy Tab 8,9. Memang, jika dibandingkan dengan versi 10 inchi atau 7 inch produk ini terasa paling pas digunakan, tidak terlalu besar atau kecil.

Pun demikian berkat ketipisannya yang tak lebih dari sebatang ballpoint, membuat produk ini sangat mudah diselipkan ke dalam tas. Tak merepotkan ketika dibawa-bawa.

Bobotnya sendiri cukup ringan, tapi ini mungkin disebabkan oleh penggunaan bahan serba plastik di sekujur tubuhnya. Keputusan ini mungkin memang membuat gadget makin ringan, tapi juga menghilangkan kesan elegan dan licin digenggam.

Samsung Galaxy Tab 8.9 juga tampil sederhana dengan tombol yang minimalis. Hanya ada pengatur volume suara, power, jack 3,5mm, dan slot SIM card di bagian atas. Sedangkan di bagian bawah hanya terdapat 2 output speaker dan sebuah port proprietary milik Samsung.

Melalui port tersebut pengguna bisa melakukan banyak hal, dari fungsi dasarnya sebagai port charger, hingga dikoneksikan ke berbagai asesoris yang disediakan Samsung secara terpisah.

Kesimpulannya, Samsung Galaxy Tab 8.9 memang salah satu tablet PC yang paling nyaman digunakan. Tak heran jika produk ini membidik kaum wanita di Indonesia, apalagi bobot cukup ringan dan mudah dibawa.

Tertarik memilikinya? Produk ini dijual pada harga Rp 5,5 juta termasuk paket data unlimited selama 12 bulan dari XL.

Kelebihan:
+ Ringan
+ Nyaman digunakan
+ Baterai tahan lama
+ Layar cemerlang
+ Performa baik

Kekurangan:
– Masih ada leg di homescreen
 Bodi dari plastik

Spesifikasi:

  • OS: Android 3.0 Honeycomb
  • Prosesor: Dual core 1GHz ARM Cortex-A9
  • Memori: RAM 1 GB, ROM 16 GB
  • Kamera utama: 3,2 MP, autofocus, dual LED Flash
  • Kamera depan: 2 MP
  • Layar: 8,9 inchi capacitive touchscreen, 800 x 1280 pixel
  • Konektifitas: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi hotspot, HSDPA
  • Ukuran: 230,9 x 157,8 x 8,6 mm
  • Bobot: 447 gram
  • Baterai: Li-Po 6000 mAh

sumber: detikinet.com

About indopoints

indonesia cerdas indonesia berwawasan

Posted on Oktober 13, 2011, in Teknologi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: