Ilmuwan: Daun Buatan Menghasilkan Listrik


Sekelompok peneliti asal Amerika Serikat menyebutkan bahwa mereka berhasil membuat ‘daun’ yang terdiri dari silikon dan menggunakan sinar matahari untuk memisahkan air menjadi hidrogen serta oksigen.

Setelah terpisah, kemudian bisa disimpan ke sel bahan-bakar untuk menghasilkan listrik.

“Kalau Anda meletakkan daun silikon itu di dalam segelas air lalu membawanya ke luar dan menjemurnya di bawah sinar matahari, Anda akan mulai melihat gelembung-gelembung hidrogen dan oksigen,” kata Daniel Nocera, seorang profesor dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), ketua tim peneliti yang menemukan teknologi tersebut.

“Daun” ini diharapkan akan dapat mengatasi masalah yang dihadapi pembangkit listrik tenaga matahari terkait bagaimana menyimpan energi yang diproduksi oleh matahari sehingga bisa digunakan saat cuaca mendung.

Bukan dengan melakukan isi ulang terhadap baterai, energi itu disimpan sebagai gas oksigen dan hidrogen untuk kemudian dikombinasikan di dalam sel bahan bakar untuk menghasilkan listrik.

Langkah berikutnya, kata Nocera, adalah mengoptimalkan teknologi itu dalam menghasilkan hidrogen dan oksigen bagi sel bahan bakar untuk memasok energi untuk mobil atau rumah. “Saya tidak perlu memiliki kabel-kabel berseliweran. Tidak perlu menancapkannya ke apapun,” ucapnya. “Itulah yang dilakukan daun tersebut. Mereka mengambil sinar matahari lalu menghasilkan energi secara nirkabel. Itu yang terjadi di sini,” ucap Nocera

sumber: nationalgeographic.co.id
sumber: detik.com

About indopoints

indonesia cerdas indonesia berwawasan

Posted on Oktober 6, 2011, in Tahukah anda. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: