Ilmuwan Korea Ciptakan Anjing Bercahaya


Ilmuwan Korea Selatan, Rabu (27/7/2011), menyatakan bahwa mereka berhasil menciptakan anjing bercahaya lewat teknik kloning.

Anjing itu diharapkan bisa membantu ilmuwan lain menemukan obat penyakit mematikan seperti alzheimer dan Parkinson.

Anjing betina hasil rekayasa genetika yang bernama Tegon itu lahir pada tahun 2009. Anjing tersebut bisa mengeluarkan warna hijau ketika diberi antibiotik doxycycline. Menurut ilmuwan, kemampuan anjing dalam memproduksi cahaya bisa diaktifkan atau dinonaktifkan dengan menambah makanan obat pada makanannya.

“Penciptaan Tegon membuka horizon baru sebab gen yang diinjeksikan untuk membuat anjing bercahaya bisa disubstitusi oleh gen yang memacu penyakit mematikan pada manusia,” kata Byeong-Chun Lee, salah seorang peneliti, seperti dikutip Foxnews.

Chun Lee mengatakan, Tegon diciptakan dengan teknik transfer inti sel somatik yang juga digunakan untuk menciptakan anjing lain bernama Snuppy tahun 2005. Penciptaan anjing untuk menemukan pengobatan penyakit penting sebab anjing dan manusia memiliki 283 jenis penyakit yang mirip.

Menurut agensi berita Korea Selatan, Yonhap, eksperimen pembuatan anjing ini menelan dana 3 juta dollar AS (setara Rp 25 miliar) dan menghabiskan waktu selama 4 tahun. Hasil penelitian para ilmuwan tersebut dipublikasikan pada jurnal Genesis bulan ini.
sumber:kompas.com

About indopoints

indonesia cerdas indonesia berwawasan

Posted on Juli 30, 2011, in Teknologi and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: