Ditemukan Bangkai Kapal Berusia 105 Tahun

Pada tahun 1906, kapal Sunken berlayar ke Danau Ontario, Kanada dengan membawa 480 ton batubara.

Sayangnya kapal tersebut tenggelam ke dasar danau sejak 105 tahun lalu dan yang menakjubkan sampai sekarang masih terlihat.

Dengan menggunakan sisi scan sonar dan sebuah remote control kapal selam, penjelajah bawah air mampu menemukan ‘Queen of Lakes’ yang berada tepat di dasar Danau Ontario. Bangkai kapal yang karam tersebut nampak tetap terjaga oleh air dingin di dasar danau.

Bangkai kapal Sunken yang karam memiliki nilai sejarah yang berumur 105 tahun. Tepatnya pada bulan November 1906 bagian bawah kapal tersebut bocor saat cuaca buruk, sehingga menyebabkan kapal tersebut tenggelam sepuluh mil dari lepas pantai Sodus.

“Saya telah membaca bagian terpenting dari kapal tersebut yaitu pompa lambung kapal. Sebuah kapal yang tua itu memaksakan keterbatasannya. Dalam sebuah badai Timur Laut, hal tersebut membuat seluruh awak kapal terdesak dan tiba-tiba terjatuh di saat kapal tenggelam. Saat kedalaman 50 meter dari perahu yang tenggelam, kemudian mereka turun dengan sangat cepat,”kata Jim Kennard yang merupakan penjelajah bawah air, seperti dikutip TG Daily, Senin (18/7/2011).

Kennard tampak senang melihat kayu kapal masih dalam keadaan yang baik. Hal ini terjadi berkat air danau yang dingin yang menjaga ketahanan kayu kapal, meskipun populasi invasi karang juga membantu mendegradasi bangkai kapal lebih cepat.

“Bila Anda memiliki suhu 39 derajat dan berada di kedalam di mana tidak ada gelombang, satu-satunya hal yang mampu merusak kayu menjadi gangga, saat mereka berkumpul dan tumbuh dalam kawanan yang besar, maka akan membuatnya terjatuh,”jelas Kennard.

Meskipun tali-temali dan layar sudah hancur, tetapi jangkar dan roda kemudi masih ada meskipun sudah tertutup karang. Sejak tahun 1970, Jim Kennard telah membantu menemukan lebih dari 20 kapal karam di sekitar Great Lakes dan 180 lainnya di Danau Champlain, Finger Lakes (New York), sungai Mississippi dan Ohio.

Mungkin yang paling terkenal ialah penemuan HMS Ontario, suatu era kapal perang Revolusi Amerika Inggris dan kapal karam tertua yang ditemukan di Great Lakes
sumber: okezone.com

About indopoints

indonesia cerdas indonesia berwawasan

Posted on Juli 20, 2011, in Discovery. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: