Bermain Tetris Bisa Tingkatkan Kekuatan Otak


Banyak yang bilang bermain game bisa membuat otak menjadi lamban. Ternyata pernyataan itu dibantah oleh penelitian di Amerika Serikat yang menemukan bermain game justru dapat meningkatkan kekuatan otak.

Namun game yang dimaksud bukan sembarang game. Dengan bermain game jenis tetris selama 30 menit setiap hari, Anda bisa meningkatkan efisiensi otak dan mengembangkan korteks otak lebih tebal, Jumat (15/7).

Penelitian yang dilakukan Mind Research Network di Amerika Serikat terhadap sekelompok remaja berusia 13 hingga 15 tahun. Masing-masing dari mereka diminta untuk memainkan permainan selama tiga bulan. MRI kemudian menscan dan menganalisis otak perubahan otak mereka. Hasilnya, mereka menemukan perubahan telah terjadi. Selain itu, efisiensi otak meningkat dan perkembangan korteks juga ditemukan pasca bermain tetris secara rutin.

“Salah satu temuan yang paling mengejutkan dari penelitian otak dalam lima tahun terakhir adalah peningkatan materi abu-abu di area motorik otak. Kami melakukan penelitian tetris untuk melihat apakah latihan mental meningkatkan ketebalan korteks, tanda pada materi abu-abu,” kata Dr Rex Jung, seorang neuropsikolog klinis.

Penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa latihan mental dapat meningkatkan efisiensi otak. Hal itu karena materi lebih abu-abu di suatu daerah bisa berarti bahwa daerah itu tidak perlu bekerja keras selama bermain tetris.
kesehatan.liputan6.com

About indopoints

indonesia cerdas indonesia berwawasan

Posted on Juli 15, 2011, in Kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: