Kenapa Rambut Menjadi Abu-abu?

Kenapa rambut berubah warna menjadi abu-abu saat seseorang stres? Penelitian yang dipimpin New York University School of Medicine pun mendapatkan bukti ilmiah yang memecahkan misteri tersebut.

Para ilmuwan sudah lama mengetahui bahwa ada dua sel inti yang dijadikan biang keladi munculnya rambut berwarna abu-abu alias uban. Kedua sel tersebut adalah melanosit dan sel epitel. Keduanya bersama-sama membuat setiap helai rambut pada tubuh, termasuk menentukan pigmen dalam folikel. Akan tetapi, sinyal yang mereka gunakan untuk saling bekerja sama–sering disebut dengan istilah ” jalur Wnt”–belum benar-benar jelas.

Seiring dengan waktu, kedua sel ini melemah, bahkan kehilangan kemampuan untuk memasukkan melanin ke dalam setiap helai rambut. Saat itulah muncul rambut berwarna abu-abu. Beberapa sel bisa kehilangan kemampuan lebih cepat dari sel lain. Hal ini menjelaskan tidak seluruh rambut menjadi abu-abu serta munculnya ubah pada anak-anak muda.

Penelitian juga mendapati bahwa stres menyebabkan tekanan pada sel dalam folikel sehingga proses pewarnaan rambut terganggu.

Saat meneliti dengan tikus, ilmuwan memanipulasi jalur Wnt dan berhasil menghasilkan tikus berwarna rambut abu-abu. Dengan penelitian ini, mereka berharap dapat memahami cara pembuatan jaringan tubuh. Mereka juga berharap dapat menemukan cara untuk menghentikan pertumbuhan sel abnormal yang berpotensi menjadi kanker kulit.

sumber: nationalgeographic.co.id

About indopoints

indonesia cerdas indonesia berwawasan

Posted on Juli 4, 2011, in Kesehatan. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: