Ilmuwan Temukan Memori Eksternal Otak

Ilmuwan dari Viterbi School of Engineering, University of Southern California (USC), Amerika Serikat, mengembangkan cara menghidup-matikan ingatan menggunakan sakelar. Sebuah perangkat elektronik khusus digunakan sebagai memori eksternal otak

“Nyalakan sakelarnya, tikus akan ingat. Matikan sakelarnya, tikus akan lupa,” ujar Theodore Berger dari Departemen Rekayasa Biomedis di USC.

Dalam eksperimen ini, Berger melatih tikus melakukan sebuah tugas khusus. Binatang pengerat tersebut disodori dua tuas yang keluar secara berurutan. Untuk mendapatkan air minum, tikus harus menggerakkan tuas yang muncul paling akhir.

Sebuah elektroda penyelidik ditanamkan di dalam tengkorak tikus guna merekam aktivitas otak. Ilmuwan tertarik pada dua bagian hippocampus, yaitu subdaerah CA3 dan CA1. Selama proses belajar, dua subdaerah pada hippocampus ini bertugas mengubah memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang. “Tanpa hippocampus, tak akan ada memori jangka panjang,” ujar Berger.

Selanjutnya, ilmuwan mematikan interaksi dua subdaerah ini menggunakan zat kimia khusus. Akibatnya, tikus terlatih tak lagi menunjukkan tanda-tanda memiliki ingatan jangka panjang. “Tikus hanya bisa mengingat tuas yang benar selama 5-10 detik,” ujar dia.

Hal menarik terjadi ketika ilmuwan mengaktifkan peralatan elektronik yang menghubungkan dua subdaerah pada hippocampus. Dengan seketika, tikus mendapatkan memori jangka panjang. Selain itu, perangkat tambahan ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan otak tikus normal.

Pada percobaan selanjutnya, ilmuwan berencana menanamkan alat elektronik ini kepada primata, seperti monyet. Ke depan, teknologi ini diharapkan bisa membantu penderita alzheimer dan stroke pulih dari masalah gangguan ingatan.

sumber: tempointeraktif.com

About indopoints

indonesia cerdas indonesia berwawasan

Posted on Juni 30, 2011, in Teknologi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: