Test Sederhana, Apakah Anda Seorang Psikopat?

Bukan perkara mudah untuk mengidentifikasi seseorang adalah psikopat atau bukan, karena butuh pemeriksaan mendalam oleh psikolog. Namun jika dari 10 pernyataan berikut banyak yang sesuai, maka ada kecenderungan untuk menjadi psikopat.

Psikopat adalah julukan untuk orang-orang yang mengidap psikopati, yakni gangguan kepribadian yang dicirikan dengan tidak adanya perasaan bersalah sedikitpun ketika melanggar sebuah norma maupun aturan. Psikopat juga identik dengan perilaku kejam dan tidak kenal takut.

Seorang psikopat memang tidak selalu melakukan kekerasan seperti yang digambarkan dalam film-film pembunuhan berantai. Kadang-kadang hingga taraf tertentu, perilaku sederhana seperti suka mencontek juga bisa dikategorikan sebagai gangguan perilaku psikopati.

Gangguan kepribadian ini kadang sulit diidentifikasi, karena kebanyakan psikopat tampak normal atau bahkan sangat ramah dalam kehidupan sehari-harinya. Namun di balik itu semua, seorang psikopat tidak punya empati atau kepekaan nurani terhadap lingkungan sekitarnya.

Salah satu contohnya adalah Seung-Hui Cho, mahasiswa Virginia Tech yang membantai 32 teman sekampusnya dengan pistol sebelum akhirnya mati bunuh diri pada tahun 2007. Beberapa orang terdekat mengakui, dalam kesehariannya Cho adalah seorang anak pendiam dan sangat pemalu.

Menurut penelitian, 1 dari 100 orang sebenarnya memiliki kecenderungan psikopati dengan tingkatan yang bervariasi. Dikutip dari TheSun, 10 pernyataan berikut dapat dipakai sekedar untuk memperkirakan seberapa besar kecenderungan seseorang untuk menjadi psikopat.

Test Sederhana

Tandai skor yang paling sesuai di setiap pernyataan.
3 : sangat setuju,
2 : setuju,
1 : tidak setuju
0 : sangat tidak setuju

Jumlahkan seluruh skor, lalu cocokkan dengan keterangan di bawah.

1. Saya jarang membuat perencanaan. Saya lebih suka segalanya serba spontan dan mendadak. (0 1 2 3)

2. Menyelingkuhi pasangan boleh-boleh saja asal tidak ketahuan. (0 1 2 3)

3. Jika mendadak ada hal yang lebih baik maka tidak ada salahnya untuk membatalkan kesepakatan terdahulu. (0 1 2 3)

4. Melihat hewan terluka atau kesakitan tidak membuat saya merasa terusik sedikitpun. (0 1 2 3)

5. Berkendara dengan kecepatan tinggi, naik roller coaster serta terjun payung sangat menarik bagi saya. (0 1 2 3)

6. Tidak masalah untuk melangkahi seseorang demi mendapatkan apa yang saya inginkan. (0 1 2 3)

7. Saya pintar membujuk dan memiliki kemampuan khusus agar orang mau melakukan kemauan saya. (0 1 2 3)

8. Saya cocok melakukan tugas berbahaya karena mampu membuat keputusan dengan sangat cepat. (0 1 2 3)

9. Bagi saya sangat mudah untuk bertahan dalam sebuah situasi, ketika orang lain mulai merasa sangat tertekan. (0 1 2 3)

10. Jika saya bisa melawan seseorang, berarti orang itu memang pantas menerimanya. (0 1 2 3)

Jumlah skor dari hasil test Anda

Kecenderungan psikopat berdasarkan total skor :
0-10: Rendah
11-15: Di bawah rata-rata
16-20: Rata-rata
21-25: Tinggi
26-30: Sangat tinggi

sumber: apakabardunia.com

About indopoints

indonesia cerdas indonesia berwawasan

Posted on Juni 25, 2011, in Kesehatan. Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. woooooow, sy 26 hasil nya, kamu sendiri berapa?
    30 ya?

  2. nice info🙂
    mau nanya nih, aku punya temen dia suka mengkoleksi gambar gambar gore,dan suka membuat art ber tema gore, dia selalu menyendiri,tidak mau bergabung dgn teman2 lain, sy sih bukan teman dekat dia, hanya sekedar kenal, trus klo marah ngamuk2, bantingin barang barang dan memukul orang lain, dia juga selalu membawa pisau lipat,
    apakah teman sy ini termasuk psikopat juga, atau bukan??
    maaf kepanjangan, mohon di jawab🙂

    • menyimpulkan dari indikasi itu saja sepertinya tidak cukup..

      hanya mengarah ke kecenderungan..
      jika psikologisnya adalah orang yg kurang kasih sayang dan terkesan agresif(kasar)

      potensi mengarah ke psikopat meningkat

      • hmm, waktu itu sih, aku pernah mengorek informasi secara langsung,aku bicara baik2 dengan dia, dia orang nya sopan sekali,
        aku mengatakan kepadanya, apa kamu sayang keluarga mu??, lalu ia menjawab,” biasa saja, aku tidak perduli jika mereka ada yg mati, malahan aku senang karena mengurangi satu populasi manusia,klo banyak2 keluarga berisik, yg menting masih ada orang yg mau membiayai hidupku, yg menting duit, yg penting harus jadi parasit, biar untung” begitu jawabnya, aku rasa ia sama sekali tdk punya kasih sayang, dan perpeluang menjadi se orang psikopat,
        maaf aku banyak comment soal nya aku sangat tertarik dengan bidang psikologi🙂

      • susah menyimpulkan bagi saya , jika subjek yg akan diteliti tidak secara lansung

        mengapa dia tidak sayang terhadap keluarga?
        apakah karena depresi (harapan harapan terhadap keluarga tidak sama dengan kenyataan

        atau kemungkinan lain keberadaannya tidak dianggap oleh lingkungan

        sehingga membentuk perilaku yg menyimpang
        atau kemungkinan lain : dia berada dilingkungan yg kriminalitasnya tinggi
        sehingga kekerasan menjadi suatu hal yg biasa

        untuk diarah kan bahwa dia adalah seorang psikopat
        dilihat apakah indikasi indikasi perilakukanya memiliki kemiripan dengan postingan ini

        jika iya, berarti ada kecenderungan yg mengarah ke psikopat tetapi itupun tidaklah mutlak..

        terima kasih
        salam…

  3. nah, makanya itu aku juga binggung
    ia anak yg di sayang, dia anak satu satunya,barang2 nya mahal semua, dia juga di sekolahkan di sekolah bilingual, pasti nya bukan orang bisa dong yg bisa menyekolah kan anak nya ke sekolah seperti itu,sebulan bayaran nya tinggi 2jt lebih, setiap se bulan sekali juga membeli produk kecantikan yg mahal mahal
    dia di manjakan dengan harta dan kasih sayang cukup
    tp dia lebih sayang sama barang2 nya dr pada sama keluarga.
    klo dia anak yg mempunyai latar belakang buruk, aku bisa mengerti kenapa ia jadi se sadis itu dan aku juga tidak akan menanyakan ke anda karena sudah mengerti dan memahami, tapi latar belakang nya tidak buruk, malahan membuat aku iri
    jadi aku menyimpulkan bahwa ia psikopat, sebetul nya dia tidak benci sama keluarganya cuma ia tidak sayang dan tidak perduli, lebih baik kehilangan keluarga dr pada kehilangan harta, ia akan menyingkirkan orang lain kalau orang itu menghalanginya, ia suka meneror, menyiksa mental orang lain, dan juga menyiksa fisik, ia pernah cerita kepadaku klo penyebab ikan2 di kolam milik nya mati, itu karena ia yg telah membunuh nya.
    nanti akan ku berikan test ini padanya.

  1. Ping-balik: PSIKOLOGI: Memancing Munculnya Facebooker Pengidap Psikopat « Hariyanto Imadha: Psikologi Populer

Tinggalkan Balasan

