Sel Induk Hati Bisa Perbaiki Otot Jantung

Ilmuwan Inggris telah berhasil mengubah jenis sel induk di dalam hati tikus dewasa, yang bisa meregenerasi otot jantung.

Penelitian itu membuktikan bahwa hati memiliki kemampuan memperbaiki sel-sel aktif yang rusak dan kembali berfungsi.

Temuan ini memang masih tahap awal dan belum diujicobakan pada manusia. Namun Paul Riley dari University Collage London selaku ketua tim, berharap obat hati nantinya akan mengarah pada upaya perbaikan hati.

Hasil studi yang diterbitkan di jurnal Nature Rabu (8/6) ini, merupakan sebuah kemajuan besar di bidang ilmu kedokteran. Temuan ini bisa mengurangi jumlah orang yang meninggal akibat serangan jantung.

Riley menjelaskan pada saat orang mengalami serangan jantung, sel-sel pada hati akan rusak atau mati karena kekurangan oksigen. Kerusakannya bisa bersifat permanen.

Namun kemudian jaringan akan mati karena jantung tidak mampu memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Kemudian ada pemikiran bagaimana cara menumbuhkan jaringan jantung, agar pasien yang terkena serangan jantung bisa tertolong nyawanya.

Riley bersama timnya menemukan sel-sel progenitor epicardium (EPDCs) yang diketahui bisa berubah menjadi beberapa sel spesialis, termasuk otot jantung.

Para ahli menyebutkan sel EPDCs ini akan hilang saat manusia berusia dewasa. Namun studi Riley menyebutkan bahwa dengan mengobati hati yang rusak, sel EPDCs bisa berkembang.

Seperti pada ujicoba tikus dewasa, dengan mengobati hati, molekul yang disebut thymosin beta 4 bisa membantu memperbaiki sendiri kerusakan sel pada jantung. Pemberian thymosin ini mendorong EPDCs berubah menjadi cardiomycytes, dsn berintegrasi dengan otot yang ada di hati. Dan secara struktural dan fungsional, otot ini bergabung ke jantung.

Thymosin beta 4 mampu mendorong pertumbuhan pembuluh darah, dan meningkatkan fungsi jantung, sekaligus meregenerasi otot jantung.

sumber: mediaindonesia.com

About indopoints

indonesia cerdas indonesia berwawasan

Posted on Juni 12, 2011, in Kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: