Fakta Ilmiah, Mengapa Kita Harus Mandi Setiap Hari

Ternyata mandi tidak cuma bikin segar badan, tapi ada manfaat lain di balik itu. Baru-baru ini ada penelitian mengenai mandi yang dimana selain untuk membersihkan tubuh ternyata mandi juga memiliki peranan dalm meningkatkan sistem kekebalan, mencegah penyakit kulit, bahkan untuk menyembukan masalah medis yang serius.

Beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mandi itu berkhasiat antara lain:

1. Penderita Diabetes

Untuk penderita diabetes, dengan setengah jam berendam dalam bak air hangat dapat menurunkan tingkat gula darah sekitar 13%.

2. Kesehatan Jantung

Dengan berendam selama 10 menit dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita.

3. Eksema

Eksema adalah peradangan kronik kulit yang kering dan gatal. Untuk penderita penyakit kulit seperti eksema, ruam, gatal-gatal dapat menambahkan baking soda ke dalam bak mandi karena berdasarkan penelitian baking soda itu bertindak sebagai antiseptik.

Caranya pertama-tama isi air dengan air hangat, tambahkan kira-kira satu sendok baking soda dan aduk sampai rata. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit.

4. Infeksi

Untuk infeksi seperti sariawan dapat menambahkan pada air hangat yaitu tiga atau empat cuka dari sari buah apel dan berendamlah selama 15-20 menit. Ini juga baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena cuka dapat menyeimbangkan kembali asam.

5. Flu dan Sakit Kepala

Untuk menyembuhkan flu dan sakit kepala dapat dilakukan dengan merendam kaki dalam air hangat. Masukan air hangat secukupnya dalam bak sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki, tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai bilas dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.

6. Insomnia

Untuk penderita insomnia atau yang memiliki masalah tidur dapat merendam kaki dalam air dingin. Masukan kaki sampai kaki merasa dingin. Pengobatan ini juga berguna bagi kaki lelah, pendarahan hidung, dan sembelit.

7. Sirkulasi

Jika anda mengalami masalah sirkulasi maka cobalah dengan mulai merendam kaki selama satu atau dua menit dalam air hangat, kemudian 30 menit dalam air dingin. Cobalah lakukan selama 15 menit kemudian diselesaikan dengan air dingin.

Manfaat dan petunjuk mandi yang sehat

Mandi air hangat sekitar 32-35 derajat Celsius dapat membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan racun. Dimana berfungi membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan selama 10-20 menit.

Ternyata mandi air dingin dapat menghilangkan stress karena meredakan ketegangan, dan dianjurkan dengan temperatur sekitar 12-18 derajat celcius. Nah hal ini kebalikan dari air hangat karena akan mempersempit darah dan meningkatkan tingkat gula darah. Oleh sebab itu untuk penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mandi air dingin.

sumber: gu

About indopoints

indonesia cerdas indonesia berwawasan

Posted on Juni 9, 2011, in Kesehatan. Bookmark the permalink. 13 Komentar.

  1. oh begitu yah

  2. Kalo stress?
    bisa ilang karna mandi jugak-kah?

    • cara utama untuk meredakan stres memang bukanlah mandi! mandi memicu proses cepatnya peredaan daripada stres!! saat kondisi tubuh panas , stres akan meningkat!! butuh pendinginan untuk meredakan!! oleh karena itu mandi mencadi salah satu proses pendinginan

  3. wah gitu ya..oh ya mandi itu dianjurkan berapa kali sehari?
    soalnya kadang kan ada yang mandinya cuman sekali sehari..soalnya udaranya dingin..
    makasih

  4. wah, aku jarang mandi nih,

  5. bgaimana cara ngilangin rasa mlas buat mandi…?

  6. wah pantesan klo gw susah tidur kadang pake kain basah di taro di kaki jd bs tidur.. knp bs gitu om? apa hubungannya ?

  7. Ada temanku yang menderita Insomnia. Nice info buat temanku

  8. Adress : Jl. Veteran V No. 16, Gresik , Jawa Timur – Indonesia
    Akta Notaris No. : 01 Tanggal : 01 Agustus 2009
    SK Kehakiman No. : AHU-41123.AH.01.01 Tahun 2009, Tertanggal : 24 Agustus 2009
    NPWP No. : 02.714.275.1-612.000 Tertanggal : 02 September 2009

    http://www.bisnis-tiket-pesawat.com/?id=registerphp3

    Miliki Travel Agent Pribadi dengan Modal Rp. 150.000 saja! Produk kami adalah Tiket pesawat terbang yang telah menggunakan E-Ticket yaitu Batavia Airline, Merpati Nusantara Airline, Citilink, Lion Air, Garuda Indonesia, Air Asia, Sriwijaya Air,dll. Raih segera Peluang Usaha Yang Luar Biasa ini.
    Info selengkapnya, kunjungi http://birotiket.com/?id=syukurtravel
    (PELUANG BISNIS)
    Cari Hotel Mudah & MURAH! Temukan sistem pencarian Hotel termudah dengan garansi harga TERMURAH! http://www.travelcerdas.com/?id=4784D05

  9. Hi! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell
    you I really enjoy reading your articles. Can you suggest any other blogs/websites/forums
    that go over the same subjects? Thanks!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: