Tatto tinta yang mudah hilang

Bila Anda berencana menuliskan nama kekasih Anda dalam bentuk tato di tubuh, sebaiknya hal itu ditunda dahulu. Alasannya, sekarang ada jenis tinta baru yang lebih aman dipakai dan jauh lebih mudah dihilangkan bila kelak ternyata Anda berpaling ke lain hati. Atau Anda khawatir suatu saat akan digaruk polisi karena dianggap preman.

Badan Urusan Makanan dan Obat-Obatan AS (FDA) sejauh ini memang tidak memiliki standar keamanan untuk pewarna yang dipakai dalam seni melukis tubuh. Dan dari bahan-bahan yang digunakan, antara lain terdapat karbon hitam, garam-garam logam, dan bahan lain yang juga dipakai dalam percetakan dan pengecatan mobil.

Padahal logam-logam berat dan bahan beracun yang ada dalam pewarna tersebut bisa masuk ke sistem kelenjar getah bening, kata Martin Schmieg, presiden perusahaan Freedom-2 di Philadelphia, yang berencana memperkenalkan serangkaian produk pewarna yang telah disetujui FDA untuk digunakan dalam dunia kosmetik, makanan, obat, dan peranti kedokteran.

Pewarna itu belum pernah dipakai untuk menato sebelumnya karena sifatnya mudah terserap tubuh. Guna mengatasinya, Rox Anderson dari RS Umum Massachusetts di Boston telah mengembangkan cara untuk melapisi pewarna tersebut dalam butir-butir polymer yang diameternya hanya 1 hingga 3 mikrometer. Ini membuatnya cukup kecil untuk bisa dimasukkan dalam kulit dan diserap sel kulit dalam bentuk warna-warna tato.

Pigmen tersebut dapat dengan mudah dihilangkan menggunakan laser. Cukup sekali tembakan, butir-butir polymer akan terbuka dan pewarna akan terserap ke dalam sel, dan tato akan hilang. Ini berbeda dengan pewarna tato biasa, yang walau sudah dilaser sepuluh kali hanya bisa hilang separuhnya

sumber: tahukahanda.wordpress.com

About indopoints

indonesia cerdas indonesia berwawasan

Posted on Mei 29, 2011, in Unik&Aneh. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: